Tuesday, November 18, 2014

#ExploreBanyuwangi

Jadi ceritanya sekitaran seminggu yang lalu ni baru liburan 'singkat' ke banyuwangi dan ternyata banyak banget keindahan alam yang ada di kota paling timur dari Jawa Timur ini. Gak salah jika banyak orang menyebutnya SUNRISEOFJAVA, banyak banget spot dimana kamu bisa melihat matahari terbit dari kota ini, seperti julukannya SunriseofJava yang notabene sunrise itu Indah, dan bener kota ini memang Indah, eksotisme alam yang ada dikota ini kalo di explore udah gak kalah sama tempat tempat diluar negeri. 


1. Kawah Ijen
Seperti namanya Kawah, udah pasti sebelum melihat keindahannya kita harus menapaki ‘setapak dua tapak’ jalanan menanjak alias mendaki.  Aku serombongan berempat belas kesana, pas banget kemaren nyampek di pintu masuk kawah ijennya menjellang waktu dini hari sekitar jam 2an, cuacanya cukup mainstream sih seperti gunung gunung kebanyakan. Lumayan rame juga pengunjung di kawah ini, parkiran motor mobi bejejer di lapangan tempat kita memarkirkan motor. Antusiasme wisatawan yang dateng di kawah ini gak merata, mulai dari anak kecil, para anak muda kebanyakan, bahkan kakek nenek dari luar maupun dalam negeri ikut meramaikan tempat wisata ini.  Okelanjut. Untuk mencapai puncak kawah ijen perlu perjuagan yang yaaaah lumayan cukup berat, jalannya itu meeen. Nanjak. Dan cukup jauh. Kata penduduk asli sana sih, skitar 3km (kalo ditarik garis lurus)  nah logikanya ‘garis lurus’ dan ‘gunung’. Gunung itu gada yang lurus meen, gak sperti yang kita gambar pas waktu kita TK dulu. Lumayan bekeringat ckup deras, sampek gabisa merasakan dingiinya malam. Demi untuk mendapatkan sunrise di kota timur ini. Gak hanya sunrise sih yang didapat dari kawah ini, pas fajar juga ada “blue fire” semacam sinar biru yang muncul dari kawah akibat sinar matahari (kalo salah mohon dibenerkan) dan sayangnya kita kemaren gak dapetin itu gegara kesiangan nyampek puncaknya. Mestinya jam setengah 5an udah harus nyampek puncak. Ya kurang lebih alasannya “capek jalan- break-jalan bentar- break-“ yanamanya juga manusia~ maklumi sajalah.

Tapi sesampainya dipuncak paling atas dari gunung Ini, cukup membuat tersenyum bangga, Yes! Akhirnya nyampek juga! Udara pagi yang sejuk, angin semilir, matahari yang terlihat malu malu untuk menyapa kita semua, sinar hangatnya,awan yang berkumpul serta berjalan beriringan, tebing yang kokoh dan tinggi menunjukan keperkasaannya, jurang yang cukup dalam yang mengajarkan kita untuk selalu melihat ke bawah, , di tambah lagi kawah yang ada digunung ini. Iya ‘Kawah Ijen’ warna Ijonya itulohh kyak green tea :D *nelenludah*
Check this out













2. Teluk Hijau Banyuwangi

Kalo nama kerennya sih “Greenbay” ya sama aja sih sebenernya artinya ‘teluk hijau’ Kota yang juga terkenal dengan keindahan laut selatannya ini mempunyaai begitu banyak pantai yang cukup eksotis dan kalo kata penjelajah ‘masih perawan’ alias belum terjamah banyak manusia.
Bagian selatan dari kota timur ini memang layak disebut ..................... dan terbukti emang banyak banget pantainya. Dari yang pantai wisata, pantai berbatu, pantai pasir hitam, pasir putih bahkan ada juga pantai meraah. Dan akhirnya kami serombongan menentukan pilihan untuk menuju “teluk hijau” ini. Perjalanan cukup jauh dari pusat kota, sekitaran 2 jam-an, jalannya pun cukup membuat badan begetar semua, pasalnya sekitar10  km dari teluk hijau jalanannya belum diaspal, istilahnya apa  yaa.. kalo aku menyebutnya “makadam” #youknowlah
Setelah badan berasa rontok semua dijalan, sampailah kita di pintu masuk Teluk Hijau Banyuwangi ini. Rehat dulu laah~ meluruskan badan dan menhela nafas sebentar karena untuk mencapai apa yang kita tuju harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1km. (yayaa, jalan nanjak lagi --,)  Syemangaadd! *haphap*

Setelah naik turun bukit yang cukup menguras tenaga serta jalannya yang licin dan naik turun. Finally..... WE FIND IT ! Teluk Hijau. Damparan air berwarna hijau dipinggiran serta samudra biru yang terbentang luas, deburan ombak yang menambah rasa gurih dari pantai ini, awan dan langit yang biru, pasir yang luas tidak banyak jejak kaki melewatinya menunjukkan kalo pantai ini memang masih alami. Tidak banyak orang disana, hanya kami berenam ditambah sekitar 4 orang. Berasa pantai hanya milik kita sendiri! Hanya milikku! Bebas belarian kesana kemari, maunya sih langsung nyebur ke lautnya tapi sayang nda bisa berenang –“ lagian ombaknya juga cukup gede bisa bisa seminggu kemudain aku ditemukan diaustralia. (ini bukan alibi)
Kalian lihat saja ini









Sebenernya masih banyak banget tempat wisata dari ‘kota yang airnya harum’ ini. (definisiku)
Tapi sayang belum cukup waktu, biaya dan tenaga untuk mengunjunginya. Mungkin ini alasan Tuhan agar aku diharuskan datang ke kota ini lagi. Menikmati indahnya ciptaanNya.
Salah satunya ada :
-          Pantai Merah
-          Baluran
Dan masih banyak lain.

Lain waktu yaaa.. I’ll be back Banyuwangi !  :)

0 comments:

Post a Comment

 
;