Thursday, October 11, 2012

apa seh mythomania ?

Siapa seh orang di dunia ini yang gak pernah berbohong??

Gak bisa di pungiri, sengaja atau tidak pasti kita pernah berbohong. Entah itu berbohong ke teman kita, pacar, keluarga, dosen bahkan membohongi diri kita sendiri.
Mungkin berbohong sudah menjadi hal yang biasa sekarang, tapi jika berbohong itu sudah menjadi kebiasaan, waaaahh, bisa bahaya. Bisa jadi anda menderita penyakit Mythomania.

apa seh mythomania?


Mythomania dapat disebut juga penyakit suka berbohong, Secara garis besar mythomania adlah orang yang secara rela dan sadar melakukan kebohongan dengan membuat cerita hayalan/fiktif.
Para penderita mythomania memiliki kecenderungan sangat kuat untuk berbohong pada orang lain, namun bukan karena ingin membohongi, tapi karena keinginan mendapatkan perhatian lebih besar dari orang lain. 

Berbeda dengan seorang pembohong biasa yang sadar bahwa ia tengah berbohong dan mampu membedakan antara kenyataan dan bukan kenyataan.
seorang mythomaniac tdk sepenuhnya menyadari bahwa ia sedang berbohong. ia tidak mampu membedakan antara ‘kenyataan’ yg berasal dari imaginasinya dan kenyataan yang sebenarnya.

penyebab? 
banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berbohong / mengarang cerita. bisa disebabkan oleh kegagalan / kekecewaan pada masa lalunya.


Mythomaniac sendiri sebenarnya adalah korban. ia korban dari ketidakbahagiaan dalam hidupnya dan korban dari penderitaan yang terlalu terus menerus. ia tdk mampu mengekspresikan keaslian dirinya sehingga selalu ingin bersembunyi di balik topeng.

tujuan ?
gak lain dan gak bukan adalah untuk menemukan kebahagiaan dan mendapatkan perhatian yang lebih dari orang yg di cintai walaupun dengan cara berbohong. 

Jadi, bila kamu mengalami keinginan sangat kuat untuk lebih diperhatikan oleh orang lain, kemudian  mengarang cerita bohong dan sering,  maka kamu mengalami mythomania. 

sedikit saran neh yaaa :
jangan membiasakan berbohong, jujurlah !! itu jauh lebih baik, dari pada kamu terus terusan hidup dalam "kepura-puraan" dan "kebohongan"  dengan cara  mengarang cerita yg sama sekali tidak benar adanya.
T E L L _ T H E _ T R U T H ! :)



0 comments:

Post a Comment

 
;